RPP Dinamika Planet Bumi Sebagai Ruang Kehidupan
- Identitas
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Bangil
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Bumi Sebagai Ruang Kehidupan
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan, 2 x 45 Menit
- Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
- Kompetensi Dasar
3.4 Menganalisis
dinamika planet Bumi sebagai ruang kehidupan.
4.4 Menyajikan karakteristik planet Bumi sebagai ruang kehidupan dengan
menggunakan peta, bagan, gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video
- Tujuan Pembelajaran:
Setelah
mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:
1.
Mendeskripsikan
teori pembentukan Jagat Raya, Tata Surya dan Bumi
2.
Mendeskripsikan
karakteristik Bumi sebagai ruang kehidupan
3.
Menjelaskan
struktur penyusun lapisan bumi
5.
Menjelaskan
perkembangan Planet Bumi
6.
Menguraikan
skala waktu geologi
7.
Membandingkan
potensi kelayakan kehidupan manusia di planet bumi dengan planet lain di tata
surya
E.
Materi Pembelajaran:
1.
Teori pembentukan
Jagat Raya, Tata Surya dan Bumi
2.
Struktur
lapisan penyusun bumi
3.
Bentuk
muka bumi (relief) di daratan dan laut
4.
Skala
waktu geologi
5.
Potensi
kelayakan bumi sebagai tempat kehidupan manusia dibandingkan dengan planet lain
di tata surya
F.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model : Examples non Examples
3.
Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
G.
Media Pembelajaran
1.
Media : Power
Point tentang jagat raya, tata surya dan kehidupan di bumi
Video
fenomena alam di bumi, bentukan permukaan bumi hasil lempeng dan kehidupan di
bumi.
2.
Alat :
Laptop dan LCD
3.
Sumber :
Buku Geografi kelas X SMA Kurikulum 2013
Buku
Suplemen Bumi Sebagai Ruang Kehidupan
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2x 45
Menit)
|
||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
||||
− Guru melakukan pembukaan dengan mengucap salam
dan berdoa bersama untuk memulai pembelajaran
−
Guru memeriksa kehadiran siswa
− Guru menyiapkan kondisi fisik dan psikis,
serta menayakan kabar peserta didik
sebelum mengawali kegiatan pembelajaran
−
Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan
dibahas pada pertemuan saat itu
−
Guru memberikan sedikit gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dan menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan berlangsung.
|
||||
Kegiatan Inti ( 60 Menit)
|
||||
Sintak
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|||
–
Mengamati
–
Menanya
–
Mengeksplorasikan
–
Mengasosiasikan
–
Mengkomunikasikan
|
• Guru
meminta siswa mempelajari jagat raya, tata surya, teori
pembentukan bumi dan struktur lapisan penyusun bumi dari buku paket kelas X
maupun buku Suplemen Bumi Sebagai Ruang Kehidupan.
• Guru
menjelaskan kepada siswa tentang struktur lapisan penyusun bumi
• Guru bersama
siswa menjawab soal tugas yang terdapat dalam Buku Geografi X tentang jagat
raya, tata surya, perkembangan kehidupan di bumi.
• Guru meminta
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang struktur lapisan bumi
• Guru meminta
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang struktur lapisan bumi
• Guru memberi
kesempatan bagi peserta didik lain yang ingin menanggapi atau menjawab
pertanyaan siswa.
• Siswa mencoba
untuk merangkai atau mengambil kesimpulan tentang struktur lapisan bumi
• Guru menilai
sikap peserta didik dan hasil kerja kelompok.
• Guru menilai
kemampuan peserta didik mengamati objek studi geografi
• Guru
menanyangkan beberapa gambar dan video berisi fenomena alam dan kehidupan
yang berkaitan dengan jagat raya, tata surya, perkembangan kehidupan di bumi.
• Siswa mencatat
dan mengolah informasi yang terdapat pada tayangan gambar dan video
• Guru memberi
penilaian atas hasil kerja dan kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan.
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
||||
• Guru meminta salah satu siswa dalam kelas
untuk menyimpulkan secara keseluruhan apa yang diperoleh dari kegiatan materi
pembelajaran yang telah dipelajari
•
Guru mengingatkan materi pertemuan berikutnya
tentang bentuk muka bumi (relief) di daratan dan lautan
• Membaca hamdallah secara bersama-sama dan guru
mengucapkan salam untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
||||
Pertemuan 2 (2x 45
Menit)
|
||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
||||
− Guru melakukan pembukaan dengan mengucap salam
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
− Guru memeriksa kehadiran siswa dengan
mengabsensi
− Guru menyiapkan kondisi fisik dan psikis,
serta menanyakan kabar peserta didik peserta dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
− Guru memberitahu tentang tujuan yang
diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari.
|
||||
Kegiatan Inti ( 60 Menit)
|
||||
Sintak
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|||
–
Mengamati
–
Menanya
–
Mengeksplorasikan
–
Mengasosiasikan
–
Mengkomunikasikan
|
• Guru meminta siswa
mempelajari tentang bentuk muka bumi (relief) di daratan dan di dasar laut
• Guru meminta siswa memperhatikan gambar yang terdapat dalam Buku Geografi X tentang
bentukan muka bumi
• Guru
menjelaskan kepada siswa tentang bentuk muka
bumi (relief) di daratan dan di dasar laut
• Guru
bersama siswa menjawab soal tugas pada buku Geografi X tentang bentukan muka
bumi
• Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok
• Guru meminta siswa
secara berkelompok untuk mengamati bentukan permukaan bumi hasil pergerakan
lempeng dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
• Guru menilai
keaktifan siswa dalam kelompoknya.
• Guru meminta siswa
untuk mengajukan pertanyaan tentang bentuk muka bumi (relief)
• Guru meminta siswa
untuk mengajukan pertanyaan tentang contoh bentukan permukaan bumi hasil
bentukan lempeng
• Guru memberi
kesempatan bagi peserta didik lain yang ingin menanggapi atau menjawab
pertanyaan siswa.
• Siswa memberikan
contoh bentukan alam hasil dari pergerakan lempeng yang terdapat di
Indonesia.
• Guru menilai sikap
peserta didik dan hasil kerja kelompok.
• Guru menilai
kemampuan peserta didik mengamati konsep. prinsip, dan pendekatan geografi.
• Disajikan beberapa
gambar pada Buku Geografi X dan video tentang bentukan permukaan bumi hasil
lempeng dan bentuk muka bumi di daratan dan laut
• Masing-masing
kelompok berdiskusi sesuai dengan tayangan gambar/video dan memberikan alasan/pendapat.
• Guru menilai
kemampuan peserta didik mengolah informasi yang sesuai dengan tayangan.
• Secara bergilir
setiap kelompok diberi kesempatan mengemukakan hasil diskusi kelompoknya.
• Kelompok
lain dapat memberi tanggapan dan pertanyaan
• Guru memberi
penilaian atas hasil kerja kelompok dan
kemampuan peserta didik berkomunikasi
lisan
• Guru memberi
penilaian atas hasil kerja kelompok dan
kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan.
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
||||
– Siswa membuat rangkuman berupa point-point
penting mengenai materi yang telah dipelajari pada pertemuan yang
baru saja dilakukan
− Guru merefleksi pemahaman
siswa dengan pertanyaan dan memberikan review akhir dari kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan
− Guru mengucapkan salam
untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
||||
Pertemuan 3 (2x 45
Menit)
|
||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
||||
− Guru melakukan pembukaan dengan mengucap salam
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
− Guru memeriksa kehadiran siswa dengan
mengabsensi
− Guru menyiapkan kondisi fisik dan psikis,
serta menanyakan kabar peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
− Guru meriview materi minggu lalu dan
mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan kelayakan bumi sebagai tempat
kehidupan manusia.
− Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan
dibahas pada pertemuan saat itu dan memberikan tujuan dari materi yang akan
dipelajari.
|
||||
Kegiatan Inti ( 60 Menit)
|
||||
Sintak
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|||
–
Mengamati
–
Menanya
–
Mengeksplorasi
–
Mengasosiasikan
–
Mengkomunikasikan
|
• Guru meminta
siswa mempelajari potensi kelayakan kehidupan manusia di planet bumi dengan planet
lain di tata surya dan skala waktu geologi
dari buku paket kelas X, buku suplemen bumi sebagai ruang kehidupan dan
sumber lainnya.
• Guru menjelaskan kepada siswa tentang skala
waktu geologi
• Guru meminta siswa untuk memperhatikan tayangan
video tentang kehidupan di bumi
•
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok
• Guru meminta siswa secara berkelompok untuk
berdiskusi tentang Potensi kelayakan kehidupan manusia di planet bumi dengan
planet lain di tata surya
• Guru meminta
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang Potensi kelayakan kehidupan manusia
di planet bumi dengan planet lain di tata surya dan skala waktu geologi.
• Siswa mencoba
untuk menyimpulkan Potensi kelayakan kehidupan manusia di planet bumi dengan
planet lain di tata surya.
•
Disajikan gambar
tentang kondisi planet di tata surya
•
Masing-masing
kelompok berdiskusi sesuai dengan tayangan gambar
• Guru menilai
kemampuan peserta didik mengolah informasi yang sesuai dengan tayangan.
• Secara bergilir
setiap kelompok diberi kesempatan mengemukakan hasil diskusi kelompoknya.
• Kelompok lain dapat
memberi tanggapan dan pertanyaan.
• Guru memberi
penilaian atas hasil kerja kelompok dan kemampuan peserta didik berkomunikasi
lisan.
|
|||
Kegiatan Penutup (15
Menit)
|
||||
− Siswa membuat simpulan pelajaran atau
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
dan melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
− Guru memberikan pertanyaan kepada siswa apakah
ada yang belum mengerti tentang materi yang telah diberikan
− Membaca hamdallah secara bersama-sama dan guru
mengucapkan salam untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
||||
I.
Penilaian Pembelajaran
Rubrik
Penilaian Kegiatan Pengamatan dan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
Ketepatan
Pengisian lembar Kerja
|
Ketelitian
Pengamatan
|
Keaktifan
Dalam Diskusi
|
Mengajukan
Pendapat
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Ketepatan
pengisian data
Skor 3 =
ketepatan pengisian lembar kerja
2
= pengisian lembar kerja kurang tepat
1
= ketidak tepatan
pengisian lembar kerja
Ketelitian
pengamatan
Skor 3 = ketelitian pengamatan
2
= kurang teliti dalam pengamatan
1
= tidak teliti dalam pengamatan
Keaktifan
Dalam Diskusi
Skor 3 = aktif dalam diskusi
2
= kurang aktif dalam diskusi
1
= tidak aktif dalam diskusi
Mengajukan
Pendapat
Skor 3 = memberikan pendapat/rekomendasi benar dan logis
2
= memberikan pendapat/rekomendasi benar tetapi kurang
logis
1 =
memberikan pendapat/rekomendasi tidak benar dan tidak logis
Perhitungan
Skor maksimum adalah 3 x 4 = 12
Nilai = Skor yang
diperoleh X 100
![](file:///C:/Users/acer-pc/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.jpg)
Score
maksimum
Jumlah Skor
|
Rata-Rata Nilai
|
Predikat
|
10 - 12
|
76-100
|
A
|
7 - 9
|
75-50
|
B
|
4 - 6
|
50-30
|
C
|
1 - 3
|
<30
|
D
|
Tempat,
tanggal
Mengetahui
Kepala SMA N/S Guru
Mata Pelajaran
……………………………………
………………………………….
NIP/NRK.
NIP/NRK.
Komentar
Posting Komentar