RPP Tugas 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.
Idetitas
Nama Sekolah :
SMA Negeri 1 Bangil
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester :
XI IPS/2
Materi Pokok :
Dinamika Kependudukan di Indonesia
Alokasi Waktu :
4 Minggu x 4 JP @45 Menit
B.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
C.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.5 Menganalisis dinamika kependudukan di Indonesia
|
· Menjelaskan faktor dinamika kependudukan
· Menjelaskan mobilitas penduduk dan
tenaga kerja
· Menjelaskan kualitas penduduk dan
indeks pembangunan manusia
· Mengidentifikasi permasalahan dinamika kependudukan
di Indonesia
|
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
mampu menguraikan dan mininjau faktor-faktor dinamika dan proyeksi kependudukan
2. Siswa
dapat memahami mobilitas penduduk dan tenaga kerja
3. Siswa
dapat memahami kualitas penduduk dan indeks pembangunan manusia.
4. Siswa
mampu memahami permasalahan yang
di akibatkan oleh dinamika kependudukan di Indonesia.
E.
Materi
Pembelajaran
Dinamika Kependudukan di Indonesia
·
Faktor dinamika
dan proyeksi kependudukan
·
Mobilitas
penduduk dan tenaga kerja
·
Kualitas
penduduk dan Indeks Pembangunan Manusia
·
Permasalahan
kependudukan di Indonesia
F.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Learning
3. Metode : Ceramah, diskusi dan tanya jawab.
G.
Media
Pembelajaran
Media :
· Gambar kelahiran, kematian, dan atau migrasi
· Video faktor dinamika kependudukan dan permasalahan kependudukan di
Indonesia
· Buku Paket SMA Kelas XI. Wardiyanto, K13 “Geografi untuk SMA/MA Kelas
XI.” Erlangga.
Alat
:
·
Laptop
·
LCD proyektor
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Minggu Ke-1 (4 x 45
Menit)
|
||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
||||
− Guru melakukan pembukaan dengan mengucap salam
dan berdoa bersama untuk memulai pembelajaran
− Guru memeriksa kehadiran siswa
− Guru menyiapkan kondisi fisik dan psikis,
serta menayakan kabar peserta didik
sebelum mengawali kegiatan pembelajaran
− Guru memberikan pertanyaan yang ada kaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan
− Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan
dibahas pada pertemuan saat itu
− Guru memberikan sedikit gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dan menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan berlangsung.
|
||||
Kegiatan Inti ( 150 Menit)
|
||||
− Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan tentang faktor
dinamika dan proyeksi kependudukan (kelahiran,
kematian, dan atau migrasi)
− Guru meminta siswa membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan Faktor dinamika dan proyeksi kependudukan
− Siswa menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Faktor
dinamika dan proyeksi kependudukan yang sedang dipelajari
− Siswa mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Faktor dinamika dan proyeksi kependudukan
yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
− Guru dan siswa secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Faktor dinamika
dan proyeksi kependudukan
− Siswa mencatat semua
informasi tentang materi Faktor dinamika dan proyeksi kependudukan yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
− Guru meminta beberapa
siswa untuk mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi
dengan rasa percaya diri Faktor dinamika dan proyeksi kependudukan sesuai
dengan pemahamannya
− Guru memabagi siswa
kedalam beberapa kelompok untuk berdiskusi
tentang data dari Materi Faktor dinamika dan proyeksi kependudukan
− Siswa diminta untuk
mengolah informasi dari materi Faktor dinamika dan proyeksi kependudukan yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja
− Siswa diminta untuk
menyampaikan hasil diskusi tentang materi Faktor dinamika dan proyeksi
kependudukan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau ppt
− Guru meminta setiap
kelompok untuk mempresentasikan
hasil diskusi dan kelompok lain mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan
− Guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Faktor dinamika dan proyeksi kependudukan
yang akan selesai dipelajari
|
||||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
||||
− Guru meminta beberapa
siswa dalam kelas untuk menyimpulkan secara keseluruhan apa yang diperoleh
dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
− Guru memberikan penguatan kepada siswa tentang materi yang
telah dipelajari dengan menayangkan video faktor dinamika kependudukan
− Membaca hamdallah secara
bersama-sama dan guru mengucapkan salam untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran.
|
||||
Minggu Ke-2 (4 x 45
Menit)
|
||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
||||
− Guru melakukan pembukaan dengan mengucap salam
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
− Guru memeriksa kehadiran siswa dengan
mengabsensi
− Guru menyiapkan kondisi fisik dan psikis,
serta menanyakan kabar peserta didik peserta dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
− Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan
dengan materi faktor dinamika dan proyeksi kependudukan.
− Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan
dibahas yaitu tentang Mobilitas penduduk dan tenaga kerja
− Guru memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dan menyampaikan tujuan
pembelajaran yanga akan berlangsung.
|
||||
Kegiatan Inti ( 150 Menit)
|
||||
− Guru memberikan Lembar
kerja materi Mobilitas penduduk dan tenaga kerja
− Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan pada lembar kerja tentang
materi Mobilitas penduduk dan tenaga kerja
− Siswa mencari dan membaca
berbagai referensi dari berbagai sumber tentang materi Mobilitas penduduk dan
tenaga kerja
− Siswa diberi kesempatan
untuk bertanya atas hal-hal yang belum dapat dipahami kepada guru
−
Siswa dibentuk dalam
beberapa kelompok
− Masing-masing kelompok mencatat
semua informasi tentang materi Mobilitas penduduk dan tenaga kerja yang telah
diperoleh pada buku catatan
−
Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusi materi dengan ditanggapi oleh siswa dari kelompok lainnya
− Guru memberikan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Mobilitas penduduk dan tenaga kerja yang
akan selesai dipelajari
|
||||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
||||
– Siswa membuat rangkuman berupa point-point
penting mengenai materi yang telah dipelajari pada pertemuan yang
baru saja dilakukan
− Guru merefleksi pemahaman
siswa dengan pertanyaan dan memberikan review akhir dari kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan mengenai materi Mobilitas
penduduk dan tenaga kerja
– Membaca hamdallah secara bersama-sama dan guru
mengucapkan salam untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
||||
Minggu Ke-3 (4 x 45
Menit)
|
||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
||||
− Guru melakukan pembukaan dengan mengucap salam
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
− Guru memeriksa kehadiran siswa dengan
mengabsensi
− Guru menyiapkan kondisi fisik dan psikis,
serta menanyakan kabar peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
− Guru meriview materi minggu lalu dan
mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi mobilitas penduduk dan
tenaga kerja
− Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan
dibahas pada pertemuan saat itu memberikan gambaran
− Guru memberikan sedikit gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dan menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan berlangsung.
|
||||
Kegiatan Inti ( 150 Menit)
|
||||
− Guru memberikan penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran Kualitas
penduduk dan Indeks Pembangunan Manusia
− Guru memberikan
kesempatan pada siswa untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi
yang dibahas
− Siswa mengerjakan
beberapa soal yang ada di buku paket mengenai materi Kualitas penduduk dan
Indeks Pembangunan Manusia
− Siswa mengumpulkan
informasi yang relevan dari berbagai sumber untuk menjawab soal
−
Siswa secara acak diminta
untuk megutarakan jawaban dari soal yang telah dikerjakan
− Guru dan siswa secara
bersama-sama membahas soal dalam buku paket mengenai materi Kualitas penduduk
dan Indeks Pembangunan Manusia
−
Guru bertanya tentang hal
yang belum dipahami kepada siswa berkaitan dengan materi Kualitas penduduk dan Indeks Pembangunan
Manusia yang akan selesai dipelajari
|
||||
Kegiatan Penutup ( 15 Menit)
|
||||
|
||||
− Siswa membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang
materi Kualitas penduduk dan Indeks
Pembangunan Manusia yang baru dilakukan
− Guru memberikan review akhir dari kegiatan
pembelajaran yang telah dilaksanakan mengenai materi Kualitas penduduk dan
Indeks Pembangunan Manusia
− Guru memberikan tugas kepada siswa untuk
mempelajari materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
− Siswa dan guru secara bersama-sama membaca
hamdallah untuk mengakhiri pembelajaran
|
||||
Minggu Ke-4 (4 x 45
Menit)
|
||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
||||
− Guru melakukan pembukaan dengan mengucap salam
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
− Guru memeriksa kehadiran siswa dengan
mengabsensi
− Guru menyiapkan kondisi fisik dan psikis,
serta menanyakan kabar peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
−
Guru meriview materi minggu lalu dan
mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan permasalahan kependudukan
− Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan
dibahas pada pertemuan saat itu memberikan gambaran
−
Guru memberikan sedikit gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dan menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan berlangsung.
|
||||
Kegiatan Inti ( 150 Menit)
|
||||
− Guru menayangkan gambar permasalahan
dinamika kependudukan di dunia
− Siswa dibentuk menjadi
beberapa kelompok
− Guru memberikan
kesempatan pada masing-masing kelompok untuk mengindentifikasi permasalahan
kependudukan di Indonesia
− Siswa melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber
− Siswa mencatat semua
informasi tentang permasalahan kependudukan di Indonesia
− Siswa menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengamati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan permasalahan
kependudukan di Indonesia
− Guru memberikan
kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk bertanya berkaitan dengan permasalahan
kependudukan di Indonesia
−
Masing-masing kelompok
mendiskusikan hasil identifikasi dan pertanyaan yang sudah diajukan mengenai permasalahan
kependudukan di Indonesia
− Setiap kelompok secara
bergiliran mempresentasikan hasil diskusi materi dengan ditanggapi oleh siswa
dari kelompok lainnya
|
||||
Kegiatan Penutup ( 15 Menit)
|
||||
|
||||
− Siswa membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang
materi
− Guru memberikan review akhir dari kegiatan
pembelajaran yang telah dilaksanakan mengenai dinamika kependudukan di
Indonesia dengan menayangkan video faktor dinamika kependudukan dan permasalahan
kependudukan di Indonesia
−
Guru memberikan penghargaan untuk materi permaslahan
kependuudkan di Indonesia kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik
− Siswa dan guru secara bersama-sama membaca
hamdallah untuk mengakhiri pembelajaran.
|
||||
I.
Penilaian
Pembelajaran
Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan
kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi
jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
Tempat,
tanggal
Mengetahui
Kepala
SMA N/S Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK.
NIP/NRK.
Komentar
Posting Komentar