RPP KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA (KHARISMA NUR IMANI)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
A.    Idetitas
Nama Sekolah      : SMA Negeri 1 Bangil
Mata Pelajaran     : Geografi
Kelas/Semester     : XI IPS/1
Materi Pokok       : Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia
Alokasi Waktu     : 3 Pertemuan, 2 x 45 Menit
B.     Kompetensi Inti
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam  ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
C.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1  Memahami kondisi wilayah dan posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia.

·      Menunjukan dan menjelaskan letak, luas dan batas wilayah Indonesia
· Mengemutunjukan karakteristik wilayah daratan dan perairan Indonesia
·  Mengetunjukan perkembangan jalur transportasi dan perdagangan internasional di Indonesia.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menunjukan dan  menjelaskan letak, luas dan batas wilayah Indonesia
2.      Siswa dapat menunjukan dan  mampu memahami karakteristik wilayah daratan dan perairan Indonesia.
3.      Siswa mampu memahami perkembangan jalur transportasi dan perdagangan internasional di Indonesia.
4.     Siswa dapat menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab, peduli, mandiri, kritis, dan analitis dalam menerapkan kondisi wilayah dan pengetahuan Indonesia sebagai poros maritim dunia.
E.     Materi Pembelajaran
Posisi strategis indonesia sebagai poros maritim dunia
·         Letak, luas, dan batas wilayah Indonesia.
·         Karakteristik wilayah daratan dan perairan Indonesia.
·         Perkembangan jalur transportasi dan perdagangan internasional di Indonesia, serta letak strategis.
F.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan   : Saintifik
2.      Model           : Discovery Learning
3.      Metode         : Ceramah, diskusi dan tanya jawab.
G.    Media Pembelajaran
Media :
·         Atlas/Peta Indonesia
·         Google Earth/Argis
·         Buku paket  geografi siswa kelas XI Kemendikbud, tahun 2016.
·         Power point tentang kondisi geografis Indonesia
·      Power ponit tentang letak srategis (silang) wilayah Indonesia sebagai poros maritim dunia dan jalur transportasi serta perdagangan internasional.
·         Video berjudul kenampakan alam di Indonesia
·         Video berjudul Indonesia sebagai poros maritim dunia SEG 1.
Alat :
·         Laptop
·         LCD proyektor

H.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

  Guru melakukan pembukaan dengan mengucap salam dan berdoa bersama untuk memulai pembelajaran
       Guru memeriksa kehadiran siswa
   Guru menyiapkan kondisi fisik dan psikis, serta menayakan  kabar peserta didik sebelum mengawali kegiatan pembelajaran
    Guru memberikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan
        Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu
        Guru memberikan sedikit gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan berlangsung.

Kegiatan Inti ( 70 Menit)

Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

        Stimulation (menstimulus)



        Problem Statement (mengidentifikasi masalah)





        Data Collecting (mengumpulkan data).




        Data Processing (mengolah data)



        Verification (membuktikan)




        Generalization (menyimpulkan)

   Guru menampilkan gambar peta Indonesia melalui aplikasi Google Earth/AreGis
      Guru menjelaskan sedikit tentang letak, luas dan batas wilayah Indonesia.

   Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang telah ditampilkan.
    Siswa mengidentifikasi dan menjelaskan letak, luas serta batas wilayah Indonesia.

    Siswa mencari dan mengumpulkan data/informasi yang akurat dari beberapa sumber baik buku, peta ataupun dari sumber lain tentang letak, luas dan batas wilayah Indonesia.

         Siswa merumuskan dan mendeskripsikan  letak, luas dan batas wilayah Indonesia.
    Siswa menyusun hasil identifikasi dan menuliskannya dalam bentuk catatan.

   Guru memberikan kesempatan kepada siswa yang ingin untuk hasil identifikasi yang telah dilakukan tentang letak, luas serta batas wilayah Indonesia
   Guru meberikan pertanyaan kepada semua siswa terkait hasil yang telah diperesntasikan.

 Guru memberikan penguatan materi dengan menggunakan media power point tentang kondisi geografis Indonesia secara lengkap.

Kegiatan Penutup (10 Menit)

    Guru meminta salah satu siswa dalam kelas untuk menyimpulkan secara keseluruhan apa yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
• Guru memberikan penghargaan kepada siswa khususnya yang sudah berani mempresentasikan dan menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan tentang letak, luas dan batas wilayah Indonesia.
  Membaca hamdallah secara bersama-sama dan guru mengucapkan salam untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.

Pertemuan 2 (2x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

  Guru melakukan pembukaan dengan mengucap salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
     Guru memeriksa kehadiran siswa dengan mengabsensi
    Guru menyiapkan kondisi fisik dan psikis, serta menanyakan kabar peserta didik peserta dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
     Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi minggu lalu tentang letak, kondisi, dan batas wilayah Indonesia.
    Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas yaitu tentang karakteristik wilayah daratan dan perairan Indonesia
  Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dan menyampaikan tujuan pembelajaran yanga akan berlangsung.

Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

        Stimulation (menstimulus)






        Problem Statement (mengidentifikasi masalah)



        Data Collecting (mengumpulkan data).







        Data Processing (mengolah data)




        Verification (membuktikan)





        Generalization (menyimpulkan)

     Guru menayangkan video yang berjudul  kenampakan alam di Indonesia pada LCD proyektor.
     Guru menjelaskan secara singkat kondisi wilayah dan kenampakan alam yang ada di Indonesia
  Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 5-6 siswa.

    Siswa mengidentifikasi kenampakan alam yang ada di Indonesia dari video yang telah ditayangkan
    Siswa mengidentifikasi karakteristik kenampakan alam darat dan perairan yang ada di Indonesia.

   Siswa mengumpulkan data atau informasi melalui diskusi kelompok guna menemukan solusi masalah terkait materi yang dibahas yaitu karakteristik kenampakam alam darat dan perairan yang ada di Indonesia.
     Siswa mencari dan mengumpulkan data atau informasi yang akurat dari berbagai sumber, seperti  buku paket.

  Siswa mendiskusikan dan merumuskan data atau informasi yang telah didapat sesuai materi yang dibahas kemudian menganalisisnya.
   Siswa menyusun dan menuliskannya dalam bentuk catatan.

       Siswa mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok sesuai dengan data yang telah dikumpulkan dan dianalisis.
         Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk bertanya kepada kelompok yang sedang prsentasi.

         Guru memberikan penguatan dan penjelasan materi tentang kenampakan alam darat dan perairan di Indonesia beserta karakteristiknya setelah presentasi dari masing-masing kelompok selesai.

Kegiatan Penutup (10 Menit)

   Siswa membuat rangkuman berupa point-point penting mengenai materi yang telah dipelajari pada pertemuan yang baru saja dilakukan
    Guru merefleksi pemahaman siswa dengan pertanyaan dan memberikan review akhir dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan mengenai materi karakteristik kenampakam alam darat dan perairan yang ada di Indonesia
      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  Membaca hamdallah secara bersama-sama dan guru mengucapkan salam untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.

Pertemuan 3 (2x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

   Guru melakukan pembukaan dengan mengucap salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
        Guru memeriksa kehadiran siswa dengan mengabsensi
     Guru menyiapkan kondisi fisik dan psikis, serta menanyakan kabar peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
       Guru meriview materi minggu lalu dan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi posisi strategis Indonesia dalam perkembangan jalur transportasi dan perdagangan internasional di Indonesia.
   Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu memberikan gambaran
        Guru memberikan sedikit gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan berlangsung.

Kegiatan Inti ( 70 Menit)

Sintak Discovery Learning
Kegiatan Pembelajaran

        Stimulation (menstimulus)



        Problem Statement (mengidentifikasi masalah)






        Data Collecting (mengumpulkan data)





        Data Processing (mengolah data)







        Verification (membuktikan)





        Generalization (menyimpulkan)

         Guru menjelaskan letak wilayah Indonesia kaitannya dengan posisi strategis poros maritm dunia
         Guru menayangkan video berjudul Indonesia sebagai poros maritim dunia SEG 1.

   Siswa mengindetifikasi posisi strategis Indonesia dalam poros paritim dunia yang ada dalam tayangan video
   Siswa mengidentifikasi keterkaitan perkembangan jalur transportasi dan perdagangan internasional di Indonesia.

    Siswa mencari dan mengumpulkan data/informasi yang akurat dari berbagai sumber tentang posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia dan perkembangan jalur transportasi serta pedrdagangan dunia.

    Siswa menganalisis letak wilayah Indonesia kaitannya dengan posisi strategis Indonesia dalam poros maritim dunia
         Siswa merumuskan dan menjelaskan perkembangan  jalur transportasi dan perdagangan internasional di Indonesia.

         Guru memperkenankan secara acak beberapa orang siswa untuk melakukan presentasi hasil dari identifikasi yang telah dilakukan mengenai posisi strategis Indonesia dalam poros maritm dunia,  perkembangan jalur transportasi dan perdagangan di internasional di Indonesia.
         Guru menyakan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan presentasi yang telah dilakukan kepada semua siswa yang ada di kelas.

  Guru memberikan penguatan materi dengan memberi penjelasan melalui power ponit tentang letak srategis (silang) wilayah Indonesia sebagai poros maritim dunia dan jalur transportasi serta perdagangan internasional.

Kegiatan Penutup (10 Menit)

  Siswa membuat simpulan pelajaran atau point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dan melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
   Guru memberikan pertanyaan kepada siswa apakah ada yang belum mengerti tentang materi posisi strategi wilayah Indonesia sebagai poros maritim dunia dan jalur transportasi serta perdagangan internasional yang telah diberikan
  Membaca hamdallah secara bersama-sama dan guru mengucapkan salam untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.


I.       Penilaian Pembelajaran
Rubrik Penilaian Kegiatan Pengamatan dan Diskusi
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah Skor
Mengemukakan Ide/pendapat
Menghargai Pendapat Orang Lain
Keaktifan Dalam Diskusi
Menjawab Pertanyaan
Guru




































Klasifikasi Nilai Ketrampilan
Jumlah Skor
Rata-Rata Nilai
Predikat
4
87-100
A
3
74-86
B
2
61-73
C
1
<60
D


Tempat, tanggal
Mengetahui
            Kepala SMA N/S                                                                    Guru Mata Pelajaran





……………………………………                                     …………………………………….

NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.       

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Tugas 3

RPP Dinamika Planet Bumi Sebagai Ruang Kehidupan

Petunjuk Penggunaan Media