RPP KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA (KHARISMA NUR IMANI)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.
Idetitas
Nama Sekolah :
SMA Negeri 1 Bangil
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester :
XI IPS/1
Materi Pokok :
Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia
Alokasi Waktu :
3 Pertemuan, 2 x 45 Menit
B.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
C.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.1 Memahami kondisi wilayah dan posisi strategis Indonesia sebagai poros
maritim dunia.
|
· Menunjukan dan menjelaskan letak, luas dan batas wilayah Indonesia
· Mengemutunjukan karakteristik wilayah
daratan dan perairan Indonesia
· Mengetunjukan perkembangan jalur
transportasi dan perdagangan internasional di Indonesia.
|
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
dapat menunjukan dan menjelaskan
letak, luas dan batas
wilayah Indonesia
2. Siswa dapat
menunjukan dan mampu
memahami
karakteristik wilayah daratan dan perairan Indonesia.
3. Siswa
mampu memahami perkembangan jalur
transportasi dan perdagangan internasional di Indonesia.
4. Siswa
dapat menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab, peduli, mandiri, kritis, dan
analitis dalam menerapkan kondisi wilayah dan pengetahuan Indonesia sebagai
poros maritim dunia.
E.
Materi
Pembelajaran
Posisi strategis indonesia sebagai poros maritim
dunia
·
Letak, luas, dan
batas wilayah Indonesia.
·
Karakteristik
wilayah daratan dan perairan Indonesia.
·
Perkembangan
jalur transportasi dan perdagangan internasional di Indonesia, serta letak
strategis.
F.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Learning
3. Metode : Ceramah, diskusi dan tanya jawab.
G.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Atlas/Peta Indonesia
·
Google
Earth/Argis
·
Buku paket geografi siswa kelas XI
Kemendikbud, tahun 2016.
·
Power point
tentang kondisi geografis Indonesia
· Power ponit tentang letak srategis
(silang) wilayah Indonesia sebagai poros maritim dunia dan jalur transportasi
serta perdagangan internasional.
·
Video berjudul
kenampakan alam di Indonesia
·
Video berjudul
Indonesia sebagai poros maritim dunia SEG 1.
Alat
:
·
Laptop
·
LCD proyektor
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2x 45
Menit)
|
||||
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
|
||||
− Guru melakukan pembukaan dengan mengucap salam
dan berdoa bersama untuk memulai pembelajaran
− Guru memeriksa kehadiran siswa
− Guru menyiapkan kondisi fisik dan psikis,
serta menayakan kabar peserta didik
sebelum mengawali kegiatan pembelajaran
− Guru memberikan pertanyaan yang ada kaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan
−
Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan
dibahas pada pertemuan saat itu
−
Guru memberikan sedikit gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dan menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan berlangsung.
|
||||
Kegiatan Inti ( 70 Menit)
|
||||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|||
–
Stimulation (menstimulus)
–
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
–
Data
Collecting (mengumpulkan data).
–
Data
Processing (mengolah data)
–
Verification
(membuktikan)
–
Generalization
(menyimpulkan)
|
• Guru menampilkan
gambar peta Indonesia melalui aplikasi Google Earth/AreGis
• Guru
menjelaskan sedikit tentang letak, luas dan batas
wilayah Indonesia.
• Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang telah ditampilkan.
• Siswa
mengidentifikasi dan menjelaskan letak, luas serta batas wilayah Indonesia.
• Siswa mencari
dan mengumpulkan data/informasi yang akurat dari beberapa sumber baik buku,
peta ataupun dari sumber lain tentang letak, luas dan batas wilayah Indonesia.
•
Siswa merumuskan dan mendeskripsikan letak, luas dan batas wilayah Indonesia.
• Siswa menyusun
hasil identifikasi dan menuliskannya dalam bentuk catatan.
• Guru
memberikan kesempatan kepada siswa yang ingin untuk hasil identifikasi yang telah
dilakukan tentang letak, luas serta batas
wilayah Indonesia
• Guru meberikan
pertanyaan kepada semua siswa terkait hasil yang telah diperesntasikan.
• Guru
memberikan penguatan materi dengan menggunakan media power point tentang kondisi
geografis Indonesia secara lengkap.
|
|||
Kegiatan Penutup (10 Menit)
|
||||
• Guru meminta salah satu siswa dalam kelas
untuk menyimpulkan secara keseluruhan apa yang diperoleh dari kegiatan
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
• Guru memberikan penghargaan
kepada siswa khususnya yang sudah berani mempresentasikan dan menyimpulkan kegiatan
pembelajaran yang telah dilaksanakan tentang letak, luas dan batas wilayah Indonesia.
• Membaca hamdallah secara bersama-sama dan guru
mengucapkan salam untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
||||
Pertemuan 2 (2x 45
Menit)
|
||||
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
|
||||
− Guru melakukan pembukaan dengan mengucap salam
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
− Guru memeriksa kehadiran siswa dengan
mengabsensi
− Guru menyiapkan kondisi fisik dan psikis,
serta menanyakan kabar peserta didik peserta dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
− Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan
dengan materi minggu lalu tentang letak, kondisi, dan batas wilayah
Indonesia.
− Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan
dibahas yaitu tentang karakteristik wilayah daratan dan perairan Indonesia
− Guru memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dan menyampaikan tujuan
pembelajaran yanga akan berlangsung.
|
||||
Sintak Model
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|||
–
Stimulation (menstimulus)
–
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
–
Data
Collecting (mengumpulkan data).
–
Data
Processing (mengolah data)
–
Verification
(membuktikan)
–
Generalization
(menyimpulkan)
|
• Guru menayangkan
video yang berjudul kenampakan alam di
Indonesia pada LCD proyektor.
• Guru menjelaskan
secara singkat kondisi wilayah dan kenampakan alam yang ada di Indonesia
• Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok yang
masing-masing terdiri dari 5-6 siswa.
• Siswa
mengidentifikasi kenampakan alam yang ada di Indonesia dari video yang telah
ditayangkan
• Siswa
mengidentifikasi karakteristik kenampakan alam darat dan perairan yang ada di
Indonesia.
• Siswa mengumpulkan
data atau informasi melalui diskusi kelompok guna menemukan solusi masalah
terkait materi yang dibahas yaitu karakteristik kenampakam alam darat dan perairan yang ada di
Indonesia.
• Siswa mencari dan
mengumpulkan data atau informasi yang akurat dari berbagai sumber, seperti buku paket.
• Siswa mendiskusikan
dan merumuskan data atau informasi yang telah
didapat sesuai materi yang dibahas kemudian menganalisisnya.
• Siswa menyusun
dan menuliskannya dalam bentuk catatan.
• Siswa
mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok sesuai dengan data yang
telah dikumpulkan dan dianalisis.
•
Guru memberikan
kesempatan kepada kelompok lain untuk bertanya kepada kelompok yang sedang
prsentasi.
•
Guru
memberikan penguatan dan penjelasan materi tentang kenampakan alam darat dan
perairan di Indonesia beserta karakteristiknya setelah presentasi dari masing-masing
kelompok selesai.
|
|||
Kegiatan Penutup (10 Menit)
|
||||
– Siswa membuat rangkuman berupa point-point
penting mengenai materi yang telah dipelajari pada pertemuan yang
baru saja dilakukan
− Guru merefleksi pemahaman
siswa dengan pertanyaan dan memberikan review akhir dari kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan mengenai materi karakteristik
kenampakam alam darat dan perairan yang ada di Indonesia
− Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik
– Membaca hamdallah secara bersama-sama dan guru
mengucapkan salam untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
||||
Pertemuan 3 (2x 45
Menit)
|
||||
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
|
||||
− Guru melakukan pembukaan dengan mengucap salam
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
−
Guru memeriksa kehadiran siswa dengan
mengabsensi
− Guru menyiapkan kondisi fisik dan psikis,
serta menanyakan kabar peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
− Guru meriview materi minggu lalu dan
mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi posisi strategis Indonesia
dalam perkembangan jalur transportasi dan perdagangan internasional di
Indonesia.
− Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan
dibahas pada pertemuan saat itu memberikan gambaran
−
Guru memberikan sedikit gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dan menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan berlangsung.
|
||||
Kegiatan Inti ( 70 Menit)
|
||||
Sintak Discovery
Learning
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|||
–
Stimulation (menstimulus)
–
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
–
Data
Collecting (mengumpulkan data)
–
Data
Processing (mengolah data)
–
Verification
(membuktikan)
–
Generalization
(menyimpulkan)
|
•
Guru
menjelaskan letak wilayah Indonesia kaitannya dengan posisi strategis poros maritm dunia
•
Guru menayangkan
video berjudul Indonesia sebagai poros maritim dunia SEG 1.
• Siswa
mengindetifikasi posisi strategis Indonesia dalam poros paritim dunia yang
ada dalam tayangan video
• Siswa
mengidentifikasi keterkaitan perkembangan jalur transportasi dan perdagangan
internasional di Indonesia.
• Siswa mencari
dan mengumpulkan data/informasi yang akurat dari berbagai sumber tentang
posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia dan perkembangan jalur
transportasi serta pedrdagangan dunia.
• Siswa menganalisis letak
wilayah Indonesia kaitannya dengan posisi strategis Indonesia dalam poros
maritim dunia
•
Siswa merumuskan dan
menjelaskan perkembangan jalur
transportasi dan perdagangan internasional di Indonesia.
•
Guru memperkenankan
secara acak beberapa orang siswa untuk melakukan presentasi hasil dari
identifikasi yang telah dilakukan mengenai posisi strategis
Indonesia dalam poros maritm dunia,
perkembangan jalur transportasi dan perdagangan di internasional di
Indonesia.
•
Guru menyakan
beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan presentasi yang telah
dilakukan kepada semua siswa yang ada di kelas.
• Guru memberikan
penguatan materi dengan memberi penjelasan melalui power ponit tentang
letak srategis (silang) wilayah Indonesia sebagai poros maritim dunia dan
jalur transportasi serta perdagangan internasional.
|
|||
Kegiatan Penutup (10 Menit)
|
||||
− Siswa membuat simpulan pelajaran atau
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
dan melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
− Guru memberikan pertanyaan kepada siswa apakah
ada yang belum mengerti tentang materi posisi strategi wilayah Indonesia
sebagai poros maritim dunia dan jalur transportasi serta perdagangan
internasional yang telah diberikan
− Membaca hamdallah secara bersama-sama dan guru
mengucapkan salam untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
||||
I.
Penilaian
Pembelajaran
Rubrik Penilaian Kegiatan Pengamatan
dan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah Skor
|
|||
Mengemukakan Ide/pendapat
|
Menghargai Pendapat Orang Lain
|
Keaktifan Dalam Diskusi
|
Menjawab Pertanyaan
Guru
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Klasifikasi Nilai Ketrampilan
Jumlah Skor
|
Rata-Rata Nilai
|
Predikat
|
4
|
87-100
|
A
|
3
|
74-86
|
B
|
2
|
61-73
|
C
|
1
|
<60
|
D
|
Tempat,
tanggal
Mengetahui
Kepala
SMA N/S Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK.
NIP/NRK.
Komentar
Posting Komentar